KANOPI,
KANOPI GALVALUM, BIAYA PASANG KANOPI GALVALUM, TUKANG PASANG KANOPI
GALVALUM, SPESIALIS PEMBUATAN KANOPI GALVALUM, KANOPI GALVALUM SIDOARJO, HARGA
PERMETER KANOPI GALVALUM, BIAYA PASANG KANOPI GALVALUM PERMETER, AHLINYA
KANOPI GALVALUM, KANOPI BAJA RINGAN, ATAP KANOPI BAJA RINGAN, JUAL ATAP KANOPI BAJA RINGAN, SPESIALIS KANOPI GALVALUM DI SIDOARJO.
BAJA RINGAN CARPORT DAN KANOPI
Baja ringan umumnya dikenal untuk struktur rangka atap rumah, kantor,
atau bangunan publik lainnya. Berdasarkan data Idea Online, dalam
pengamatan yang dilakukan akhir tahun lalu menunjukkan bahwa tidak
kurang dari 90% proyek perumahan yang sedang dibangun saat itu
menggunakan baja ringan untuk rangka atap. Padahal baja ringan bisa juga
diaplikasikan untuk hal lain, misalnya saja rangka penutup carport dan
kanopi.
Menurut arsitek Probo Hindarto, kanopi merupakan sebuah bangunan
menjorok ke depan seperti rumah, kantor, bahkan restoran. Fungsi
utamanya adalah memberi perlindungan bagi rumah untuk jendela, pintu,
dan ventilasi udara dari segala jenis cuaca panas dan hujan. Seiring
perkembangan zaman, bahan kanopi menjadi kian beragam, misalnya dari
genting, bahan sirap (kayu), vinil, polikarbonat, kain, plastik, dak
beton, seng, dan fiber semen. Beragamnya jenis bahan ini memudahkan
konsumen dan arsitek memilih sesuai kebutuhan.(astudioarchitect.com)
Dalam ilmu lingkungan, kanopi, yang bisa berada di ketinggian 100 kaki (30 m) dari atas tanah, terbentuk oleh cabang-cabang
dan dedaunan pohon-pohon hutan hujan yang saling tumpang tindih. Para
peneliti memperkirakan bahwa 70-90% dari kehidupan di hutan hujan
ditemukan di pepohonan, ini membuatnya menjadi habitat terkaya bagi
kehidupan tumbuhan dan hewan. Banyak hewan terkenal termasuk monyet,
katak, kadal, burung, sloth, dan kucing kecil ditemukan di kanopi. (http://world.mongabay.com)
Sementara itu carport adalah struktur, beratap terbuka-sisi dibuat
untuk menyimpan setidaknya satu mobil yang diparkir, van, truk, kapal,
trailer atau kendaraan rekreasi (RV). Carports berbeda dari garasi di
sisi terbuka daripada bertembok. Tidak ada kebutuhan untuk garasi pintu
dan pembuka pintu garasi carport mungkin, namun tidak seperti garasi,
carports seringkali tidak memiliki banyak ruang penyimpanan. carport
mungkin dilampirkan pada sisi bangunan atau mungkin berdiri bebas.
Banyak carports terletak di depan rumah terkemuka di dari jalan masuk
utama, sementara yang lain ditempatkan di samping atau halaman belakang
dan memiliki kotoran, beton, kerikil atau jalan masuk beraspal. carport
ini pertama kali diciptakan pada tahun 1936 oleh arsitek Amerika
terkenal Frank Lloyd Wright. Carports dapat dibangun dari kayu, vinil ,
aluminium atau baja, tetapi carports baja sering dianggap sebagai yang
terkuat dan paling tahan lama. baja Galvanized carports dengan
sepotong-satu atap menawarkan sebuah seng selesai untuk melawan karat
ditambah konstruksi atap yang kokoh. atap carport dengan banyak bagian
mungkin tidak padat. (www.wisegeek.com).
Dalam en.wikipedia.com, carport adalah struktur tertutup yang
digunakan untuk memberikan perlindungan terbatas pada kendaraan ,
terutama mobil , dari unsur-unsur. Struktur dapat menjadi berdiri bebas
atau melekat pada dinding. Tidak seperti kebanyakan struktur carport
tidak memiliki empat dinding, dan biasanya memiliki satu atau dua.
Carports memberikan perlindungan terhadap mobil kurang aman dari garasi,
tetapi memungkinkan untuk ventilasi lebih.
Istilah Carport ini
diciptakan oleh arsitek terkenal Frank Lloyd Wright , ketika ia mulai
menggunakan carport untuk pertama “nya Usonian “rumah; rumah Herbert
Jacobs, dibangun di Madison, Wisconsin, pada tahun 1936. Dalam
menggambarkan carport, ia berkata kepada Mr Jacobs, “Sebuah mobil bukan
kuda, dan tidak memerlukan gudang. Dia kemudian menambahkan, “Mobil yang
dibangun cukup baik sekarang sehingga mereka tidak memerlukan tempat
berlindung rumit. Melihat kembali pada kehidupan di tahun 1936, mudah
untuk membayangkan mobil sebelum saat ini tidak sepenuhnya ketat, era
perakitan, bahan maju, dan garis penutupan sempurna itu masih 50 tahun
ke depan. Mr Jacobs menambahkan: “murah kami mobil bekas telah berdiri
sepanjang musim dingin di pinggir jalan, sering kali dalam cuaca jauh di
bawah nol (Fahrenheit) carport A adalah benar-benar mewah untuk itu..”
Semua jenis carports memiliki sisi terbuka, namun perlindungan cuaca
yang mereka tawarkan kendaraan tersebut cukup di kebanyakan daerah.
Meskipun garasi biasanya menawarkan lebih banyak ruang rak dan
penyimpanan, carports lebih besar memungkinkan beberapa ruang untuk
pilihan ini. Karena carports yang beratap, namun juga membuka di sisi,
beberapa orang ingin menambahkan piknik outdoor meja untuk makan hari
hujan jika carport yang terletak dekat dapur.
Perkembangan material serta banyaknya pilihan membuat beberapa
costumer mengalihkan pilihan pada baja ringan untuk konstruksi
carport-nya. Salah satu sebuah rumah di Kopo, konstruksi penutup
carport-nya menggunakan material baja ringan.
Mudah Pemasangannya
Seperti yang dituliskan dalam Idea Online bahwa membuat rangka
penutup carport menggunakan baja ringan juga tidak sulit. Untuk
membangun penutup carport-nya yang berlantai keramik itu, hanya
dibutuhkan waktu 3 hari dengan 2 tukang per harinya. Yang penting harus
ada gambar desain dan ukurannya. Tukang hanya perlu memotong-motong
batangan baja sesuai dengan ukuran yang tertera di gambar, lalu
merangkainya menjadi sebuah rangka penutup carport menggunakan skrup
khusus. Begitu juga alat yang digunakan tidak ada yang khusus. Untuk
memotong batangan baja misalnya, menggunakan gergaji besi biasa. Tentu
saja tukang yang mengerjakannya juga harus terlatih, setidaknya sudah
mengerti cara pemasangan rangka atap baja ringan, memotong dan merangkai
menjadi sebuah struktur konstruksi. (Dari berbagai sumber)
Sumber : ilmusipil.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar